TUMBUH KEMBANG OPTIMAL BAGI SI KECIL USIA 5 BULAN

Senin, 14 Maret 2011


Si Kecil yang Aktif
Kemampuan motorik bayi di usia ini berpusat pada tangan, kaki, kepala dan bahu. Ia suka sekali bergerak dari telungkup hingga terlentang.
Pada sebagian bayi ada juga yang mulai mencoba untuk duduk. Anda dapat melatihnya dengan menariknya perlahan dan melihatnya menekukkan tubuh dengan dagu hampir menyentuh dada. Ingat, jangan paksakan si kecil untuk bisa duduk. Latihan ini hanya untuk menguatkan ototnya.
Kemampuannya untuk bertumpu pada kedua kaki juga bertambah. Latihlah dengan memegang kedua ketiaknya perlahan-lahan agar kakinya tegak. Tetapi ia masih bertumpu pada ujung jarinya, bukan telapak kaki.
Pada sebagian bayi, di usia ini masih 'pendiam'. Tetapi jangan kaget jika terjadi sebaliknya pada bayi Anda, ia mulai 'berisik' dengan jeritan atau pengulangan kata-kata yang ia bisa. Bayi Anda juga akan mengulang-ulang kemampuan katanya sampai ia beralih ke kata berikutnya. Si kecil juga mulai mampu menafsirkan suasana di sekitarnya. Wajahnya akan tampak heran atau bingung jika mendengar suara yang galak, tetapi akan tampak tenang jika mendengar suara yang menyenangkan. Maka, tunjukkan sikap yang baik di depannya agar tak membuat hatinya gusar.

Tip
  • Ajaklah bayi Anda keluar rumah dan bergaul dengan bayi seusianya maupun dengan anak-anak yang lebih besar bahkan dewasa. Biarkan ia bersosialisasi dengan orang-orang baru agar kelak ia tidak rewel bila Anda harus meninggalkannya.
  • Latihlah keseimbangan emosinya dengan cara memperlihatkan ekspresi lucu Anda. Misalnya, Anda pura-pura terjatuh, kesakitan, atau merasa lucu dengan ulah bayi Anda. Sebaliknya, tertawalah jika mencoba membuat Anda tertawa dengan tingkah lakunya.

Jangan bilang tidak ketika:
  • Ia menjatuhkan barang. Anda bisa membantu mengambilnya. Jika ia melakukan terus beberapa kali, itu karena ia ingin melihat gerakan Anda ketika mengambil.
  • Ia ingin lebih lama di bak mandinya. Saat ini memang masanya ia senang bermain air.
  • Melempar lebih kuat, karena ia ingin melihat kemana benda itu akan jatuh. Saat ini ia mulai bereksperimen dan memenuhi rasa ingin tahunya yang semakin besar.
  • Daripada merasa jengkel, bantulah ia memenuhi rasa ingin tahunya dengan memuji jika lemparannya jauh atau memberi semangat untuk mengajarinya mengambil barang yang dijatuhkannya.
Sumber:Buklet Milna "Tumbuh Optimal bagi Si Kecil"

0 komentar:

Tentang Tulisan


1. Artikel berasal dari berbagai sumber yang saya kumpulkan selama 3 tahun dan saat itu beberapa sumber lupa dicopy di bawah artikel, mohon maaf jika ada yang merasa artikelnya tercantum dalam blog ini, silahkan konfirmasikan, insya Alloh akan saya cantumkan. Tidak ada maksud sedikitpun untuk mengakui tulisan orang lain menjadi tulisan saya.

2. Saya upload di blog ini dengan tujuan sebagai koleksi pribadi dengan maksud dimasukan blog untuk memudahkan pencarian kembali artikel saat di butuhkan.

3. Tulisan yang berasal dari saya sendiri akan saya cantumkan tanda "original" sebagai pembeda dengan tulisan orang lain.

4. Insya Alloh semua tulisan diusahakan sesuai kenyataan, jikapun tidak sama persis tidak dimaksudkan sebagai pembohongan tapi karena kejadian mungkin sudah berlalu sehingga ada faktor kelupaan yang tidak disengaja, tidak bermaksud merubah kejadian sebenarnya...

5. Jika ada tulisan baru orang lain yang saya upload, insya Alloh akan saya mintakan ijin atau minimal saya cantumkan sumbernya...


Blog Archive