MERANGSANG KREATIFITAS ANAK SEJAK KECIL

Senin, 14 Maret 2011


  • Jangan terlalu banyak memberi larangan kepada bayi Anda, agar ia bisa bebas memuaskan rasa ingin tahunya dan bereksplorasi.
  • Jangan selalu membantunya saat ia ingin melakukan sesuatu. Misalnya saat ia ingin Anda membantunya membuka botol susu, contohkan bagaiamana caranya dan berikan ia semangat untuk mencoba melakukannya.
  • Salah satu cara merangsang kreativitas anak adalah dengan memberinya mainan yang merangsangnya untuk aktif. Misalnya puzzle sederhana dengan balok besar untuk anak 7-8 bulan.
  • Ciptakan lingkungan yang nyaman, menyenangkan dan tanpa beban baginya agar ia memiliki kesempatan yang luas untuk mengalami proses belajar yang positif.
  • Perdengarkan murotal menjelang tidur.

  • Hargai setiap kemajuannya. Dan berikan pujian yang tulus sesuai dengan usahanya, bukan sekadar kata basa-basi semacam 'Bagus!' atau 'Hebat!" Pujian yang tepat akan mendorongnya untuk terus mencoba berbagai hal.

Memilih Mainan yang Menggugah Kreatifitas
  • Belilah mainan sesuai dengan usia/petunjuk yang tertera.
  • Ketika si kecil mulai mampu memegang benda yang kecil, berilah ia pensil atau krayon (bebas racun) serta buku gambar. Biarkan ia asyik mencoret-coret dan teruskan kegiatan ini bila ia kelihatan menyukainya.
  • Masukan kegiatan membaca buku dalam aktivitasnya. Bacakan dan terangkan masing-masing gambarnya. Sesekali, pilih buku yang bergambar tanpa teks, sehingga Anda bisa menanyakan padanya (berkomunikasi) tentang cerita apa yang terjadi di buku.
  • Jangan berikan semua koleksi mainan kepada si kecil. Berikan satu per satu sehingga si kecil akan bermain dan bereksperimen dengan mainan itu dengan maksimal.
Sumber: Buklet Milna "Tumbuh kembang Optimal bagi Si Kecil"

0 komentar:

Tentang Tulisan


1. Artikel berasal dari berbagai sumber yang saya kumpulkan selama 3 tahun dan saat itu beberapa sumber lupa dicopy di bawah artikel, mohon maaf jika ada yang merasa artikelnya tercantum dalam blog ini, silahkan konfirmasikan, insya Alloh akan saya cantumkan. Tidak ada maksud sedikitpun untuk mengakui tulisan orang lain menjadi tulisan saya.

2. Saya upload di blog ini dengan tujuan sebagai koleksi pribadi dengan maksud dimasukan blog untuk memudahkan pencarian kembali artikel saat di butuhkan.

3. Tulisan yang berasal dari saya sendiri akan saya cantumkan tanda "original" sebagai pembeda dengan tulisan orang lain.

4. Insya Alloh semua tulisan diusahakan sesuai kenyataan, jikapun tidak sama persis tidak dimaksudkan sebagai pembohongan tapi karena kejadian mungkin sudah berlalu sehingga ada faktor kelupaan yang tidak disengaja, tidak bermaksud merubah kejadian sebenarnya...

5. Jika ada tulisan baru orang lain yang saya upload, insya Alloh akan saya mintakan ijin atau minimal saya cantumkan sumbernya...


Blog Archive