TUMBUH KEMBANG OPTIMAL BAGI SI KECIL USIA 8 BULAN

Senin, 14 Maret 2011


Bayi Anda sudah semakin besar sekarang. Ia mulai ahli saat bertopang dengan sebelah tangannya ke samping, supaya badannya tidak jatuh. Hanya dengan bantuan jari, ia juga bisa mengangkat tubuhnya untuk duduk selama beberapa saat. Tetapi ia masih terus bertumpu pada sebelah atau dua tangannya agar tidak terguling.

Di bulan ini, sebagian bayi mulai bisa berdiri walau masih takut-takut. Karena itu si kecil seringkali berteriak jika ingin duduk kembali. Nah, jika ini terjadi pada bayi Anda, segera hampiri ia dan ajari ia menekuk lututnya dan dengan bantuan tangan dapat duduk kembali tanpa membanting tubuhnya.

Saat ini si kecil semakin suka bereksperimen dengan suatu barang, menelitinya, membanting dan melemparnya. Kadang-kadang masih suka memasukkannya ke dalam mulut. Ia juga belajar dua benda yang berhubungan misalnya cangkir dan tutupnya atau botol susu dan tutupnya. Ajari dan beri ia semangat untuk membuka dan menutup dengan baik.

Bayi Anda juga semakin perhatian pada apa yang Anda kerjakan. Cobalah menulis atau menggambar, bahkan mengerjakan tugas rumah tangga sehari-hari di depannya untuk menarik perhatiannya.

Tip:
  • Kemampuan emosinya di bulan kedelapan semakin nyata. Jadi jika Anda tak sengaja marah di depannya walaupun bukan ditujukan kepadanya, mungkin ia akan menangis. Atau ia ikut sedih dan menangis jika mendengar bayi lain menangis.
  • Berikan cermin kepadanya, dan lihatlah ia menyapa dirinya sendiri dengan senyum atau ekspresi yang lucu.
  • Ajarkan ia melatih koordinasi fisiknya misalnya dengan belajar memberi kiss bye. Jika berhasil jangan lupa memberinya hadiah berupa senyum dan tepuk tangan.



Tak perlu risau bila:
  • Melihat perkembangan yang tak berarti, karena memang sedikit sekali ketrampilan baru yang khas pada bulan ini. Tetapi lihatlah, perhatian dan kemampuannya memusatkan perhatian pada sesuatu selalu bertambah. Ajaklah ia melihat daun yang tertiup angin atau jarum jam yang bergerak. Ia juga suka berbisik atu berceloteh dengan suara perlahan.
  • Bulan ini memang bulan peralihan dimana ia mantapkan kemampuan yang didapatnya dari bulan-bulan lalu. Misalnya, gerak lonjak-lonjaknya yang semakin mantap dan kemampuannya memegangnya yang semakin kuat.
Sumber: Buklet Milna "Tumbuh Kembang Optimal bagi Si Kecil"

0 komentar:

Tentang Tulisan


1. Artikel berasal dari berbagai sumber yang saya kumpulkan selama 3 tahun dan saat itu beberapa sumber lupa dicopy di bawah artikel, mohon maaf jika ada yang merasa artikelnya tercantum dalam blog ini, silahkan konfirmasikan, insya Alloh akan saya cantumkan. Tidak ada maksud sedikitpun untuk mengakui tulisan orang lain menjadi tulisan saya.

2. Saya upload di blog ini dengan tujuan sebagai koleksi pribadi dengan maksud dimasukan blog untuk memudahkan pencarian kembali artikel saat di butuhkan.

3. Tulisan yang berasal dari saya sendiri akan saya cantumkan tanda "original" sebagai pembeda dengan tulisan orang lain.

4. Insya Alloh semua tulisan diusahakan sesuai kenyataan, jikapun tidak sama persis tidak dimaksudkan sebagai pembohongan tapi karena kejadian mungkin sudah berlalu sehingga ada faktor kelupaan yang tidak disengaja, tidak bermaksud merubah kejadian sebenarnya...

5. Jika ada tulisan baru orang lain yang saya upload, insya Alloh akan saya mintakan ijin atau minimal saya cantumkan sumbernya...


Blog Archive