BERKOMUNIKASI DENGAN SI KECIL

Senin, 14 Maret 2011


Si kecil yang masih bayi harus sejak dini diajak komunikasi, walaupun si kecil belum bisa menanggapinya dengan baik. Dengan melakukan komunikasi, akan banyak membantu perkembangannya.

Banyak cara yang dapat dilakukan dalam berkomunikasi, antara lain:
  • Semakin cepat dimulai semakin baik. Sebenarnya pada saat si kecil lahir, dia sudah mulai melakukan komunikasi dengan Anda, yaitu dengan melalui pandangan mata. Saat si kecil bertambah besar, dia akan berceloteh dan tersenyum sebagai cara komunikasinya.
  • Bicaralah dengannya, lihat bagaimana si kecil menanggapinya dan apa reaksinya. Perhatikan bahasa tubuh si kecil dengan seksama, karena ini akan membantu Anda untuk semakin memahaminya.
  • Lihatlah pada mata si kecil dengan jarak sekitar 20 - 25 cm, ini merupakan jarak terbaik bagi bayi untuk fokus. Kemudian sentuhlah dia dengan lembut, usaplah dia, tersenyum padanya, bicara dan bernyanyi kepadanya. Ini merupakan cara komunikasi terbaik dengan si kecil.
  • Menangis, juga merupakan cara si kecil dalam melakukan komunikasi,untuk menyatakan keinginannya. Tanggapilah dengan memberikan apa yang diinginkannya. Dengan menjawab komunikasi itu, si kecil akan merasa aman terjaga.
  • Perhatikan gerakan yang dilakukan si kecil, walaupun gerakannya itu lembut sekali saat dia menjawab komunikasi Anda. Ini akan melatih si kecil untuk memahami komunikasi sejak dini. Sebenarnya saat terbaik untuk melakukan komunikasi secara aktif yaitu setelah si kecil selesai makan. Saat itu si kecil merasa senang dan rileks.

0 komentar:

Tentang Tulisan


1. Artikel berasal dari berbagai sumber yang saya kumpulkan selama 3 tahun dan saat itu beberapa sumber lupa dicopy di bawah artikel, mohon maaf jika ada yang merasa artikelnya tercantum dalam blog ini, silahkan konfirmasikan, insya Alloh akan saya cantumkan. Tidak ada maksud sedikitpun untuk mengakui tulisan orang lain menjadi tulisan saya.

2. Saya upload di blog ini dengan tujuan sebagai koleksi pribadi dengan maksud dimasukan blog untuk memudahkan pencarian kembali artikel saat di butuhkan.

3. Tulisan yang berasal dari saya sendiri akan saya cantumkan tanda "original" sebagai pembeda dengan tulisan orang lain.

4. Insya Alloh semua tulisan diusahakan sesuai kenyataan, jikapun tidak sama persis tidak dimaksudkan sebagai pembohongan tapi karena kejadian mungkin sudah berlalu sehingga ada faktor kelupaan yang tidak disengaja, tidak bermaksud merubah kejadian sebenarnya...

5. Jika ada tulisan baru orang lain yang saya upload, insya Alloh akan saya mintakan ijin atau minimal saya cantumkan sumbernya...


Blog Archive