PERKEMBANGAN BAYI 11 BULAN DARI HARI KE HARI

Senin, 14 Maret 2011


Merangkak dengan empat kaki
Si kecil sudah mulai merangkak dan bergerak maju dengan bantuan tangan dan lututnya.

Duduk dengan mantap
Kini si bayi telah dapat duduk dengan mantap dalam waktu lama. Berikan ia mainan yang disukai, maka ia akan riang bermain dengan sikap duduk yang santai.

Berjalan dengan kedua tangan dipegang
Saat ini anak mulai berjalan sambil merambat ke perabotan rumah. Bila dipegang kedua tangannya, ia akan mencoba melangkahkan kaki walaupun masih ragu-ragu.

Makan minum sendiri
Saat ini si kecil sudah dapat memegang kue atau sepotong buah dan memakannya sendiri. Bila terus dilatih, ia juga akan mampu minum dengan gelas yang dapat dipegang kedua sisinya.

Mengerti larangan
Si kecil menunjukkan sikap tertentu bila Anda memberinya larangan, tetapi sesaat kemudian akan segera melanjutkan kegiatannya lagi. Ia memang masih belum mampu mengingatnya sehingga Anda harus mengulanginya lagi.

Latihlah bayi Anda untuk:
  • Mengenal bagian tubuhnya dan mampu menunjukkan dengan kedua tangannya. Misalnya, tanyakan padanya, "Mana mata?"
  • Mengerti instruksi sederhana, misalnya "beri mama ciumanmu".
  • Latihlah motorik halusnya dengan cara memasukkan kotak kecil ke kotak yang lebih besar atau memasukkan lingkaran cincin plastik ke dalam lubangnya.
  • Memperbanyak perbendaharaan kata, dengan cara selalu berbicara padanya, memberi tahu benda-benda baru di sekitarnya dan nama-nama orang yangdilihatnya/boneka koleksinya. Semakin sering Anda lakukan semakin pandai bayi Anda.
Sumber: Buklet Milna "Si Kecil Sudah Semakin Besar"

0 komentar:

Tentang Tulisan


1. Artikel berasal dari berbagai sumber yang saya kumpulkan selama 3 tahun dan saat itu beberapa sumber lupa dicopy di bawah artikel, mohon maaf jika ada yang merasa artikelnya tercantum dalam blog ini, silahkan konfirmasikan, insya Alloh akan saya cantumkan. Tidak ada maksud sedikitpun untuk mengakui tulisan orang lain menjadi tulisan saya.

2. Saya upload di blog ini dengan tujuan sebagai koleksi pribadi dengan maksud dimasukan blog untuk memudahkan pencarian kembali artikel saat di butuhkan.

3. Tulisan yang berasal dari saya sendiri akan saya cantumkan tanda "original" sebagai pembeda dengan tulisan orang lain.

4. Insya Alloh semua tulisan diusahakan sesuai kenyataan, jikapun tidak sama persis tidak dimaksudkan sebagai pembohongan tapi karena kejadian mungkin sudah berlalu sehingga ada faktor kelupaan yang tidak disengaja, tidak bermaksud merubah kejadian sebenarnya...

5. Jika ada tulisan baru orang lain yang saya upload, insya Alloh akan saya mintakan ijin atau minimal saya cantumkan sumbernya...


Blog Archive