JIKA PERKEMBANGAN SI KECIL TAK SESUAI DENGAN TEORI

Senin, 14 Maret 2011

Setiap bayi berbeda:
  • Berat badan dan tinggi badan seringkali menjadi hal yang meresahkan orang tua. Kebanyakan mereka menginginkan anaknya gemuk atau sesuai standar.       Jika itu terjadi pada Anda, yakinkan bahwa anak yang sehat adalah lebih baik daripada memaksakan anak untuk gemuk. Tentang panduan berat badan, ada penjabaran berat badan sampai 100% (sempurna). Asalkan anak Anda masih dibatas 80% atu lebih, pertumbuhannya masih dapat disebut normal. 
  • Hal yang mesti diingat, timbanglah bayi Anda secara teratur, misalnya tiga minggu sampai satu bulan sekali. Jika tidak ada kenaikan atau bahkan turun, Anda harus menghubungi dokter untuk mencari penyebabnya.
  • Jangan paksakan bayi Anda mengalami perkembangan kepandaian sama persis seperti anak teman Anda yang seusia atau sesuai buku panduan. Misalnya, merangkak, bersuara dan merambat. Karena setiap anak memiliki perkembangan berbeda satu dengan yang lainnya. Jadi jika anak Anda belum sepandai anak lainnya tak perlu merasa frustasi.
  • Namun teliti kemampuannya satu persatu sesuai standar. Misalnya jika tidak mengeluarkan suara samasekali atau belum mampu mengangkat kepala di usia yang lebih dari seharusnya, segera periksakan ke dokter ahli.

Sebaiknya Anda:
Memiliki dokter lebih dari satu untuk mendapat pendapat kedua untuk menjelaskan beberapa keluhan penting.

Rajin melatih anak sesuai dengan perkembangannya. Jika ia sudah mulai mengoceh, ajarkan setiap hari kata-kata yang baru sambil diulang-ulang. Atau jika ia sedang belajar merangkak, latihlah dengan memberi mainan yang berbeda di depannya untuk diraih. Semakin sering dan sabar Anda melatih, semakin besar kemajuan yang akan dicapainya.

Menjaga jangan sampai jatuh/cedera terutama di bagian kepala. Jika itu terjadi segera periksakan ke dokter.

0 komentar:

Tentang Tulisan


1. Artikel berasal dari berbagai sumber yang saya kumpulkan selama 3 tahun dan saat itu beberapa sumber lupa dicopy di bawah artikel, mohon maaf jika ada yang merasa artikelnya tercantum dalam blog ini, silahkan konfirmasikan, insya Alloh akan saya cantumkan. Tidak ada maksud sedikitpun untuk mengakui tulisan orang lain menjadi tulisan saya.

2. Saya upload di blog ini dengan tujuan sebagai koleksi pribadi dengan maksud dimasukan blog untuk memudahkan pencarian kembali artikel saat di butuhkan.

3. Tulisan yang berasal dari saya sendiri akan saya cantumkan tanda "original" sebagai pembeda dengan tulisan orang lain.

4. Insya Alloh semua tulisan diusahakan sesuai kenyataan, jikapun tidak sama persis tidak dimaksudkan sebagai pembohongan tapi karena kejadian mungkin sudah berlalu sehingga ada faktor kelupaan yang tidak disengaja, tidak bermaksud merubah kejadian sebenarnya...

5. Jika ada tulisan baru orang lain yang saya upload, insya Alloh akan saya mintakan ijin atau minimal saya cantumkan sumbernya...


Blog Archive