TUMBUH KEMBANG OPTIMAL BAGI SI KECIL USIA 7 BULAN

Senin, 14 Maret 2011


Saat ini ia masih suka membalikkan badan dari terlentang hingga telungkup, untuk melatih gerakan memutar antara pinggul dan bahu.
Ia juga suka sekali berbaring sambil memainkan kedua kakinya, bahkan sesekali memasukan jari kaki ke mulutnya. Saat melakukan ini, ia sebenarnya sedang melatih pinggul dan jari tangannya untuk dapat memegang dengan tepat.

Sesekali peganglah kedua ketiaknya dan bantulah si kecil melakukan gerak melonjak-lonjak yang membuatnya senang sekaligus melatih gerakan kaki yang mengencangkan dan menekuk.

Kemampuan memegangnya di bulan ini mengalami kemajuan, sehingga ia jarang menjatuhkan barang yang dipegangnya. Ia suka menimang dan membolak-balikkan mainan yang disukainya dan segera mengambilnya kembali jika jatuh.

Anda akan bertambah gembira mendengar 'ocehannya' yang nadanya naik turun dengan bahasa yang tidak jelas.

Latihlah ia untuk:
  • Memegang mainan, menjatuhkan dan lihatlah reaksinya untuk mengambilnya kembali.
  • Terhibur dengan suatu permainan sosial, 'ciluk ba' dengan selembar saputangan atau selimut. Ajarkan ia untuk menarik saputangan atau selimut dari wajah Anda dan biarkan ia tertawa saat Anda mengagetkannya dengan kata 'ba...'

Tip:
Saat ini si kecil sudah mulai membuat rumah berantakan, maafkanlah hal ini karena ia memang sedang mengembangkan keinginan bereksperimennya.

  • Berilah mainan yang berbunyi karena di usia 7 bulan, mainan jenis ini lebih menarik perhatiannya daripada yang bentuknya menarik saja.
  • Saat ini Anda boleh mulai memberinya makan untuk digenggam dan dimasukkan ke mulutnya, seperti potongan wortel rebus atau sepotong biskuit yang bergizi dan mudah dicerna bayi. Tetapi tak usah memaksanya untuk menghabiskan makanannya.
  • Anda juga bisa mulai melatihnya makan bersama di meja makan dengan meja khusus. Selain dapat merangsang nafsu makannya, ia juga akan merasakan kehangatan keluarga di acara ini.
Sumber: Buklet Milna "Tumbuh Kembang Optimal bagi Si Kecil"

0 komentar:

Tentang Tulisan


1. Artikel berasal dari berbagai sumber yang saya kumpulkan selama 3 tahun dan saat itu beberapa sumber lupa dicopy di bawah artikel, mohon maaf jika ada yang merasa artikelnya tercantum dalam blog ini, silahkan konfirmasikan, insya Alloh akan saya cantumkan. Tidak ada maksud sedikitpun untuk mengakui tulisan orang lain menjadi tulisan saya.

2. Saya upload di blog ini dengan tujuan sebagai koleksi pribadi dengan maksud dimasukan blog untuk memudahkan pencarian kembali artikel saat di butuhkan.

3. Tulisan yang berasal dari saya sendiri akan saya cantumkan tanda "original" sebagai pembeda dengan tulisan orang lain.

4. Insya Alloh semua tulisan diusahakan sesuai kenyataan, jikapun tidak sama persis tidak dimaksudkan sebagai pembohongan tapi karena kejadian mungkin sudah berlalu sehingga ada faktor kelupaan yang tidak disengaja, tidak bermaksud merubah kejadian sebenarnya...

5. Jika ada tulisan baru orang lain yang saya upload, insya Alloh akan saya mintakan ijin atau minimal saya cantumkan sumbernya...


Blog Archive