TUMBUH KEMBANG OPTIMAL BAGI SI KECIL USIA 4 BULAN

Senin, 14 Maret 2011


Kejutan-kejutan Manis
Di usia 4 bulan ini, bayi Anda akan sering membuat kejutan, tentu saja menyenangkan karena ini menyangkut kemajuan kemampuannya. Misalnya ia mulai dapat menggulingkan tubuhnya ke samping kanan dan kiri. Untuk melatihnya, Anda dapat meletakkan mainan yang menarik di sebelahnya. Temani dan berikan senyum untuk menyemangati keragu-raguannya.
Bayi Anda juga semakin tertarik untuk meraih sesuatu dan mencoba menggenggamnya. Hati-hati, gerakannya kemudian adalah mencoba memasukkan benda-benda asing itu ke mulut mungilnya.

Si mungil ini juga seringkali berusaha menahan kepala tetap tegak ketika badannya miring. Jika bayi agak malas mengangkat kepala, bujuklah dengan membantu mengangkat kepalanya perlahan atau memanggilnya dengan suara-suara menarik.

Selain tertarik memegang barang, ia juga mulai senang menyentuh kulit orang-orang sekitarnya. Ia mulai menunjukkan rasa sayangnya pada orang-orang terdekat. Buktinya, ia akan mengeluarkan suara-suara tetap untuk orang-orang favoritnya.
Hal yang paling menyenangkan, di bulan inilah pertama kali Anda bisa menikmati tawanya yang tergelak-gelak, semua tubuhnya bergerak dan air wajahnya gembira. Buatlah suasana senang dan hati lega agar ia mudah tertawa.

Jangan terkejut jika:
  • Bayi Anda menjatuhkan dan melempar barang dan menangis tiba-tiba. Ini hanya salah satu cara menarik perhatian orang-orang di sekelilingnya.
  • Ia menangis digendong orang yang baru dikenalnya, karena saat ini ia mulai memilih dekat dengan orang yang dicintainya, misalnya ibunya.

Tip
Saat ini otaknya berkembang dan mempelajari sesuatu dengan meniru dan mengulang. Mulailah aktif mengajari bayi Anda mengatakan kata-kata sederhana dan tepat, misalnya tunjukkan botol susu dengan menyebut susu, bukan cucu. Variasikan dengan bunyi-bunyi menarik, misalnya kereta: tut...tut..., balon pecah: dor..., serta suara-suara binatang.
Sesekali, pakai bantuan kaca di depan wajahnya untuk melatih ekspresi dan menyebut satu kata. Walaupun kadang-kadang diam saja, ulangi beberapa kali. Cara ini juga sering memancing tawanya yang menggemaskan.(bersambung)
Sumber: Buklet Milna 'Tumbuh Kembang Optimal'

0 komentar:

Tentang Tulisan


1. Artikel berasal dari berbagai sumber yang saya kumpulkan selama 3 tahun dan saat itu beberapa sumber lupa dicopy di bawah artikel, mohon maaf jika ada yang merasa artikelnya tercantum dalam blog ini, silahkan konfirmasikan, insya Alloh akan saya cantumkan. Tidak ada maksud sedikitpun untuk mengakui tulisan orang lain menjadi tulisan saya.

2. Saya upload di blog ini dengan tujuan sebagai koleksi pribadi dengan maksud dimasukan blog untuk memudahkan pencarian kembali artikel saat di butuhkan.

3. Tulisan yang berasal dari saya sendiri akan saya cantumkan tanda "original" sebagai pembeda dengan tulisan orang lain.

4. Insya Alloh semua tulisan diusahakan sesuai kenyataan, jikapun tidak sama persis tidak dimaksudkan sebagai pembohongan tapi karena kejadian mungkin sudah berlalu sehingga ada faktor kelupaan yang tidak disengaja, tidak bermaksud merubah kejadian sebenarnya...

5. Jika ada tulisan baru orang lain yang saya upload, insya Alloh akan saya mintakan ijin atau minimal saya cantumkan sumbernya...


Blog Archive