TUMBUH KEMBANG OPTIMAL BAGI SI KECIL USIA 6 BULAN

Senin, 14 Maret 2011


Senyumnya Manis Sekali
Saat ini, bayi Anda senang sekali bila kedua tangannya ditarik untuk didudukkan. Kepalanya sudah dapat diatur dengan baik setiap kali badannya dimiringkan.

Si kecil juga senang menelungkup dan bertopang agak lama pada kedua lengan yang ditegakkan. Badan bagian atas dapat terangkat dan berat bertumpu pada perut dan kedua lengan. Kadang-kadang gerakannya seperti berenang tetapi tidak maju. Jika kita memberinya sesuatu yang menarik, sebelah lengannya akan berusaha meraihnya.

Ia memang sudah mulai mahir memegang barang dengan kuat dan menjangkau mainan dengan tepat. Ia juga suka memindahkan barang dari satu tangan ke tangan lainnya. Tetapi ia juga suka membantingnya keras-keras, karena itu berilah mainan yang tahan banting dan tidak menimbulkan suara terlalu keras.
Bayi Anda di bulan keenam ini, makin suka mengeluarkan kata-kata atau bergumam. Kata-katanya sudah berirama, sehingga terdengar indah di telinga. Sering-seringlah mengajaknya bermain dengan menggunakan bahasa yang baik serta menirukan suara binatang. Misalnya Anda memegang boneka bebek dan menirukan suaranya.

Saat ini senyum si kecil sudah mulai mengalami perbedaan. Seringkali ia hanya mau tersenyum pada orang yang dikenal, disukai atau orang baru yang berwajah ramah padanya. Si kecil juga pandai mengawasi orang baru dengan seksama.

Jangan khawatir jika:
  • Bayi Anda lebih suka memegang sesuatu dengan tangan kirinya, itu bukan berarti ia kelak akan menjadi kidal. Si kecil hanya sedang asyik memegang sesuatu dengan sebelah tangan dan kadang-kadang mengopernya ke tangan yang lain. Tentang kidal atau tidak, hal itu akan terlihat di usia 2-3 tahun.
  • Jika ia suka berguling tiba-tiba dengan cepat. Ini memang saatnya si kecil melatih tubuhnya. Hanya berhati-hatilah saat mengganti popok dan jangan pernah tinggalkan ia sendirian di atas ranjang untuk menghindari ia jatuh.

Tip:
  • Sesekali gendonglah si bayi enam bulan ini di atas bahu. Ia akan senang karena menemukan perspektif baru di tempat yang lebih tinggi dari Anda.
  • Sering-seringlah mengajaknya bermain yang juga berarti belajar bagi si bayi.
  • Ajarkan ia arti kata yang sering digunakan sehari-hari, misalnya namanya sendiri ketika dipanggil, 'tidak', 'jangan', dan 'dadah'
  • Jika ASI Anda mulai berkurang, atau si kecil mulai menolaknya, bulan keenam adalah saat yang tepat untuk memberinya susu formula. Pilihlah susu formula yang tepat untuk anak seusianya.
Sumber: Buklet Milna "Tumbuh Kembang Optimal bagi Si Kecil"

0 komentar:

Tentang Tulisan


1. Artikel berasal dari berbagai sumber yang saya kumpulkan selama 3 tahun dan saat itu beberapa sumber lupa dicopy di bawah artikel, mohon maaf jika ada yang merasa artikelnya tercantum dalam blog ini, silahkan konfirmasikan, insya Alloh akan saya cantumkan. Tidak ada maksud sedikitpun untuk mengakui tulisan orang lain menjadi tulisan saya.

2. Saya upload di blog ini dengan tujuan sebagai koleksi pribadi dengan maksud dimasukan blog untuk memudahkan pencarian kembali artikel saat di butuhkan.

3. Tulisan yang berasal dari saya sendiri akan saya cantumkan tanda "original" sebagai pembeda dengan tulisan orang lain.

4. Insya Alloh semua tulisan diusahakan sesuai kenyataan, jikapun tidak sama persis tidak dimaksudkan sebagai pembohongan tapi karena kejadian mungkin sudah berlalu sehingga ada faktor kelupaan yang tidak disengaja, tidak bermaksud merubah kejadian sebenarnya...

5. Jika ada tulisan baru orang lain yang saya upload, insya Alloh akan saya mintakan ijin atau minimal saya cantumkan sumbernya...


Blog Archive